MAMUJU, Banuaupdate.com-Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Mamuju menggelar Manakarra Taekwondo Festival di Gedung Olahraga (GOR) Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu(18/12).

Ketua Umum Pengurus Taekwondo Indonesia Kabupaten Mamuju, Hasnawaty Syam mengungkapkan, taekwondo di Mamuju resmi dibentuk sejak tahun 2014 yang lalu.

“Kami sudah berjalan selama kurang lebih tujuh tahun dan sudah berpartisipasi serta berprestasi di berbagai ajang kejuaraan, baik lokal maupun nasional,” kata Hasnawaty.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah mengikuti kejuaraan nasional sentral Celebes open turnamen di Palu Sulteng 2015 lalu dengan menyumbangkan lima emas, satu perak, lima perunggu dan mendapat atlet putra senior terbaik.

“Tahun 2017 kemarin, kami mendapat satu perak pada kejuaraan Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Lanjut Hasnawaty menjelaskan, pihaknya mendapat tujuh emas, lima perak, tujuh perunggu dan meraih pelatih putra terbaik pada Menpora Cup Series di Palu Sulteng 2019 lalu.

“Kami juga mendapat dua emas, tiga perak, tiga perunggu dan meraih atlet junior terbaik pada Menpora Cup Series 2019 lalu di Toraja Sulsel,” lanjut Hasnawaty.

Pada tahun 2018, kata Hasnawaty, pihaknya meraih juara tiga umum di kejuaraan se Indonesia Timur Poltek Cup di Makassar Sulsel.

“Di kejuaraan se Indonesia Timur The Kick 2019 di Makassar Sulsel, kami juara satu umum,” imbuhnya.

Taekwondo Indonesia Mamuju juga mengirimkan atlet mewakili Sulbar pada ajang pra PON di Banten, pekan olahraga pelajar nasional dan Kejurnas junior di Cibubur.

“Yang paling terbaru, kami meraih enam emas, empat perak dan sembilan perunggu pada kejuaraan Sulteng Open di Palu Oktober 2021 kemarin,” kata Hasnawaty.

Sementara itu, Ketua Panitia Manakarra Festival Taekwondo, Sudirman menuturkan, peserta yang ikut dalam festival tersebut berasal dari 20 SD dan TK di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

“Festival ini khusus untuk SD dan TK,” tutur Sudirman.

Sudirman membeberkan, festival ini merupakan ajang pencarian bibit-bibit yang berprestasi atau regenerasi atlet taekwondo di Kabupaten Mamuju.

“Ini juga merupakan ajang pemanasan dan persiapan menjelang event yang lebih besar kedepannya,” bebernya.

Manakarra Festival Taekwondo yang digelar Taekwondo Indonesia Kabupaten Mamuju ini diikuti sebanyak 100 peserta.(Adhi)

By Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *