AJBAR : Sosialisasi 4 Pilar sebagai penguatan kebangsaan dan kenegaraan di tengah Masyarakat

0
70
Advertisement

Dewan Perwakilan Daerah RI (DPD RI) menggelar sosialisasi 4 pilar Sabtu, 18/02/2022 di Limboro, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar. Pada sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa Indonesia sebagai Negara yang mempunyai dasar Negara Pancasila yang memiliki sebuah arti penting sebagai ideologi. Diera yang serba modern ini, makna Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia sedikit dilupakan oleh sebagian rakyat Indonesia dan digantikan oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Untuk itu, melalui kegiatan sosialisasi 4 pilar ini kami lebih menguraikan makna-makna yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi dasar Negara Indonesia.

Selain itu, Kegiatan sosialisasi ini juga sebagai upaya mengingatkan pemahaman pelaksanaan nilai-nilai 4 pilar khususnya dimasa pandemi covid-19 yang melanda bangsa Indonesia. Sebagai salah satu tugas dalam rangka Memasyarakatkan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan bhineka tunggal Ika, sesuai yang tertuang dalam undang-undang nomor 17 Tahun 2014 tentang tugas MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Dan juga melalui sosialisasi 4 pilar ini kami menyerap aspirasi langsung dari masyarakat khususnya dimasa pandemi covid-19.

Dalam kesempatan itu, anggota MPR RI Ajbar menjadi narasumber yang mengangkat tema “Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia dan upaya perwujudan melalui implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila”.

Empat pilar kebangsaan sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam lingkungan masyarakat. Melalui pemahaman Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Menuju kerukunan hidup yang damai. Hal ini sejalan dengan empat pilar.

Suasana Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Renggeang, Kec. Limboro Kab. Polewali Mandar

Selain itu, Ajbar juga menyampaikan bahwa tata nilai yang terkandung dalam Pancasila, agar dapat lebih menguatkan nasionalisme kebangsaan. Pancasila selalu diharap mampu mengisi ruang-ruang yang dianggap rentang terhadap kondisi kebangsaan kita, terutama diera milenial dan covid-19.

Lebih lanjut, pentingnya penguatan kebangsaan dan kenegaraan ditengah masyarakat agar tercipta harmonisasi yang lebih baik pada tatanan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai perwujudan makna-makna yang terkandung dalam jiwa Pancasila. Maka dari itu perlu kiranya agar terus menguatlan nilai-nilai kerakyatan sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. (Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here