Awan Berbentuk Tsunami Muncul di Kota Bandar Lampung, Ini Kata BMKG

0
51
Awan berbentuk seperti tsunami di Kota Bandar Lampung, Rabu (23/2/2022) | Foto: ist
Advertisement

Lampung Geh, Bandar Lampung – Awan berbentuk seperti tsunami terekam oleh salah satu pengendara yang sedang melintas di Flyover MBK, Kota Bandar Lampung, pada Rabu kemarin (23/2/2022), berikut penjelasan BMKG.

Awan Berbentuk Tsunami Muncul di Kota Bandar Lampung, Ini Kata BMKG (1)
Rahmat Subekti, Forecaster Stamer Radin Inten II | Foto: BMKG Lampung

“Dari fisisnya kami menduga atau mediagnosa bahwa awan itu termasuk dari ‘Awan Arcus’. Awan ini terdiri dari 2 jenis yaitu Roll Cloud dan Shelf Cloud,” ungkap Rahmat Subekti, Forecaster Stamer Radin Inten II.

Rahmat menjelaskan Awan Arcus merupakan bagian dari Awan Cumulonimbus. Roll Cloud berbentuk seperti bolu gulung atau gulungan memanjang, sedangkan Shelf Cloud berbentuk seperti ombak tsunami.

“Yang kemarin di atas Flyover MBK, Kota Bandar Lampung kami menduga termasuk dalam jenis Roll Cloud. Terkadang awan ini tidak memberikan dampak karena tidak lama setelah muncul kemudian hilang,” ucapnya.

“Tetapi kadang juga memberikan dampak, pada 20 Mei 2020 di Kabupaten Tulang Bawang muncul Awan Arcus ini dan memberikan dampak yang sangat kuat hingga merusak 200 rumah lebih,” lanjutnya.

“Kemudian beberapa minggu berikutnya muncul juga di Kota Metro dan memberikan dampak angin kencang, tetapi tidak sekuat di Tulang Bawang,” pungkasnya. (*)

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here