Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Ajbar : Generasi Z harus mampu implementasikan nilai-nilai Pancasila

0
156
Advertisement

Dalam pelaksanaan 4 pilar kebangsaan yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Sosial dan Ilmu Pemerintahan Biges Polewali Mandar dengan tema “4 pilar MPR RI sebagai karakter generasi Z dalam membangun bangsa di era 4.0”.

Penguatan 4 Pilar ini dititip beratkan kepada seluruh mahasiswa apalagi generasi Z di era 4.0, bagaimana nantinya mahasiswa mampu memahami nilai atau subtansi 4 Pilar itu sendiri. Wawasan kebangsaan dan kepancasilaan adalah tanggung jawab mahasiswa untuk terus menjaga keutuhan NKRI. Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat apalagi kepada mahasiswa, Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Dalam penyampaiannya, Ajbar sebagai anggota MPR RI melalui sosialisasi empat pilar ini menyampaikan kepada mahasiswa Stisip Biges Polewali Mandar bahwa generasi Z di era 4.0 ini harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, uud 1945, NKRI dan bhineka tunggal ika serta tidak menjadi mahasiswa yang hanya mampu mengcopi paste setiap hal-hal yang baru apalagi yang terkait budaya asing yang masuk ke daerah daerah tapi tidak sesuai dengan kultur daerah tersebut. Khususnya di Polewali Mandar Sulawesi Barat agar selalu menjaga kearifan lokal serta mengembangkannya dan itu adalah tugas dan tanggung jawab mahasiswa.

Era 4.0 adalah era dimana gampangnya masuk budaya budaya asing melalui sosial media, disini juga kita butuhkan kecakapan paramahasiswa dalam melihat setiap problem yang ada dan tidak semerta merta menjadi mahasiswa yang melek teknologi. Mahasiswa adalah harapan bangsa sebagai generasi yang terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here