Pipa Pertamina Bocor, Ratusan Warga Blora Panen Minyak

0
57
Ratusan warga beramai-ramai mengambil minyak mentah yang mengalir di selokan Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa
Advertisement

Ratusan warga Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, beramai-ramai mengambil minyak mentah yang mengalir di selokan, Selasa (15/3). Minyak mentah itu berasal dari pipa distribusi milik Pertamina yang mengalami kebocoran.

Warga Kecamatan Sambong, Rahmat mengungkapkan, pipa minyak tersebut bocor sejak sore hari sekitar pukul 15.10 WIB. Saat itu, dirinya hendak beli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Sambong mencium bau minyak saat melintasi jalan raya.

“Setelah saya cek, ternyata air selokan berwarna hitam bercampur minyak,” ujar Rahmat, Selasa (15/3).

Pipa Pertamina Bocor, Ratusan Warga Blora Panen Minyak (1)
Ratusan warga beramai-ramai mengambil minyak mentah yang mengalir di selokan Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa

Mengetahui adanya minyak mentah yang mengalir di selokan, warga beramai-ramai membawa jerigen untuk mengambil minyak tersebut. Mereka terlihat menyaring minyak bercampur air dengan peralatan seadanya seperti kaleng dan botol air mineral.

“Lumayan sudah dapat sepuluh liter. Rencananya untuk bediang (bakar-bakar)” ucap Setiyono, warga Desa Gadu, Kecamatan Sambong.

Sementara itu, Humas Pertamina EP Zona 11 Regional 4, Sony Aditya, saat dikonfirmasi membenarkan adanya pipa minyak yang bocor. Hingga malam ini, pihak Pertamina masih melakukan penanganan.

 

Pipa Pertamina Bocor, Ratusan Warga Blora Panen Minyak (2)
Ilustrasi Pertamina EP Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

“Iya, kita lagi fokus penanganan,” jelasnya saat dihubungi.

Sony belum menjelaskan secara gamblang penyebab bocornya pipa minyak tersebut, maupun yang lainnya. Kendati begitu, pihaknya akan menginformasikan penjelasan secara tertulis.

Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk bersiaga di sepanjang jalan nasional Blora-Bojonegoro tepatnya di Desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong.

Perkiraan sementara, pipa Pertamina yang bocor tersebut berasal dari pipa Ledok Sambong atau Nglobo menuju ke arah MGS Menggung Pertamina EP Field Cepu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here