AS Nyatakan Militer Myanmar Lakukan Genosida Terhadap Muslim Rohingya

0
123
Bekas pembakaran rumah etnis Muslim Rohingya di Myanmar. Foto: Soe Zeya Tun/Reuters
Advertisement

Amerika Serikat menyatakan, kekerasan militer Myanmar terhadap warga Muslim Rohingya adalah genosida dan kejahatan HAM.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat tinggi AS kepada kantor berita AFP. Dia mengatakan, pengumuman resmi akan disampaikan langsung Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Senin (21/3/2022) waktu setempat.

Pada Desember lalu saat mengunjungi Malaysia, Blinken memastikan AS secara aktif menginvestigasi apakah perlakukan junta militer Myanmar terhadap warga Muslim Rohingya termasuk genosida atau tidak.

 

AS Nyatakan Militer Myanmar Lakukan Genosida Terhadap Muslim Rohingya (1)

Infografis Tragedi Rohingya di Myanmar. Foto: Bagus Permadi/kumparan

Penyelidikan sejalan dengan laporan yang dirilis Kemlu AS pada 2018. Empat tahun lalu mereka memberikan detail mengenai kekerasan terhadap warga Muslim Rohingya yang tinggal di Negara Bagian Rakhine oleh militer.

“Kekerasan yang terjadi ekstrem, skala besar, menyebar dan ditujukan untuk meneror populasi dan mengusir warga Rohingya,” ujar laporan AS 2018 lalu seperti dikutip dari AFP.

Media The New York Times melaporkan bila AS mengumumkan secara resmi Militer Myanmar terbukti melakukan genosida maka akan ada sejumlah sanksi, termasuk pembatasan bantuan dan sanksi khusus terhadap individu yang bertanggung jawab.

 

AS Nyatakan Militer Myanmar Lakukan Genosida Terhadap Muslim Rohingya (2)
Kaum Rohingya di Myanmar Foto: REUTERS/Mohammad Ponir Hossain

Kekerasan kepada warga Muslim Rohingya yang dilakukan oleh militer Myanmar sudah terjadi sejak 2017. Sebanyak 24 ribu warga sipil Myanmar tewas di tangan militer.

Kekerasan bukan cuma pembantaian. Laporan PBB turut mengungkap telah terjadi perkosaan massal yang ditargetkan kepada perempuan Rohingya.

Akibat dari tindakan kekerasan tersebut, sebanyak 850 ribu lebih warga Rohingya terpaksa mengungsi ke Bangladesh.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here