Siap-Siap! Hari Ini Mendag Bakal Umumkan Calon Tersangka Mafia Minyak Goreng

0
118
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (kanan). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Advertisement

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi akan umumkan calon tersangka mafia minyak goreng hari ini, Senin (21/03). Lutfi mengaku sudah mengantongi nama-nama calon tersangka tersebut. Atas dasar itu, ia mau memastikan pelaku-pelaku ini dituntut secara hukum.

Lutfi menegaskan mafia itu yang membuat minyak goreng langka dan harganya menjadi mahal. Ia memastikan tidak akan kalah dengan para mafia minyak goreng.

“Saya, kita pemerintah tidak pernah mengalah apalagi kalah dengan mafia. Saya pastikan mereka akan ditangkap,” ujar Lutfi di kompleks Gedung Parlemen, Kamis (17/3).

Lutfi menuturkan, para mafia calon tersangka tersebut yang belakangan mengalihkan minyak subsidi ke industri, ekspor ke luar negeri, hingga mereka yang mengemas ulang dan menjual dengan harga tidak sesuai ketentuan pemerintah.

 

Siap-Siap! Hari Ini Mendag Bakal Umumkan Calon Tersangka Mafia Minyak Goreng (1)
Kejati DKI temukan penimbunan minyak goreng satu kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok. Foto: Dok Kejati DKI

Pernyataan ini disampaikan menjawab keraguan anggota Komisi VI Fraksi Gerindra Andre Rosiade terkait upaya Mendag menangkap para spekulan tersebut. Andre meminta Lutfi memberikan jaminan bakal memberantas para mafia yang membuat masyarakat kesulitan.

“Apa jaminan kita mendengarkan keterangan Bapak, bagaimana cara Bapak karungin mereka? Saya ingin tahu caranya,” ujar Andre.

Lutfi kemudian menjawab sembari menunjukkan salah satu bukti transaksi yang ia dapatkan. Dalam satu kuitansi yang diperlihatkan, tertulis nilai transaksi Rp 26,9 juta untuk 2.520 kilogram minyak goreng curah yang dibeli seharga Rp 10.700.

 

Siap-Siap! Hari Ini Mendag Bakal Umumkan Calon Tersangka Mafia Minyak Goreng (2)
Seorang pegawai melintas di antara rak penyimpanan kardus yang berisikan minyak goreng merk Bimoli yang akan didistribusikan dari gudang PT Salim Ivomas Pratama di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

“Jadi saya sama Pak Kapolri dari hari Selasa sama Rabu saya ini sama Pak Kapolri kayak minum obat, sehari dua kali. Saya sudah kasih semua datanya, termasuk ada pengusaha yang bilang itu kan kalau minyak goreng itu sopirnya itu tangannya berminyak, bisa mengeluarkan bon itu, bersih putih,” jelas Lutfi.

Dalam kesempatan itu, Lutfi enggan menyebutkan nama pelaku lantaran menjunjung asas praduga tak bersalah. Kendati begitu, Andre meminta agar pelaku nantinya dipertontonkan ke publik.

Menurut Lutfi, sebagian pelaku sudah mulai ditangkap oleh Bareskrim Polri. Dari penangkapan, ditemukan penyelundupan ribuan ton minyak goreng.

“Kita sudah temukan, dan ini jumlahnya ribuan ton. Sudah mulai ditangkap-tangkapin, sudah mulai diperiksa,” pungkas Mendag Lutfi.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here