Harga BBM Pertamax segera naik. Menteri BUMN Erick Thohir memberi sinyal, kenaikan harga Pertamax bakal diumumkan pada 1 April 2022.

“Ini pemerintah sudah putuskan Pertalite dijadikan subsidi. Pertamax tidak, kalau naik ya mohon maaf. Tapi kalau Pertalite subsidi tetap. Nanti 1 April tunggu. Off the record,” kata Erick Thohir dalam kuliah umum dengan tema ‘Milenial Dan Digital Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ di Universitas Hasanuddin yang disiarkan di Youtube, Rabu (30/3).

Kenaikan harga minyak menjadi salah satu pertimbangan ditetapkannya rencana kenaikan harga Pertamax. Sebab, harga minyak Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) saat ini sudah jauh di atas asumsi makro APBN 2022.

Pada Februari 2022 saat konflik Rusia dan Ukraina meledak, rata-rata Februari 2022 sebesar USD 95,7 per barel. Di Maret 2022, ICP mencapai USD 114,55 per barel. Sedangkan dalam asumsi makro APBN 2022, ICP dipatok hanya USD 63 per barel.

Harga Pertamax Segera Naik, Segini Kisarannya (1)
Petugas mengisi BBM jenis Pertamax di SPBU. Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/ kumparan

Sedangkan saat ini Pertamina menjual Pertamax dengan harga di kisaran Rp 9.000 hingga Rp 9.400 per liter. Tak pernah naik sejak lebih dari 2 tahun terakhir.

Jika harga Pertamax naik, berapa kisarannya?

Berdasarkan hitungan Kementerian ESDM, harga keekonomian Pertamax pada bulan ini sudah mencapai Rp 14.526 per liter. Bahkan pada April harganya diprediksi menembus Rp 16.000 per liter.

“Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp 14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp 16.000 per liter,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Jumat (25/3).

Namun angka yang disebutkan Kementerian ESDM adalah batas atas harga bensin RON 92. Semua SPBU pesaing Pertamina masih menjual BBM sekelas Pertamax dengan harga di bawah batas atas yang ditetapkan pemerintah.

Harga Pertamax Segera Naik, Segini Kisarannya (2)
Pertamina diskon pembelian Pertamax Series dan tabung Bright Gas via MyPertamina selama sebulan. Foto: Pertamina

Misalnya Shell Super di SPBU Shell harganya Rp 12.990 per liter, BP 92 di SPBU BP-AKR dibanderol Rp 12.500 per liter, dan Revvo 92 di SPBU Vivo saat ini dijual Rp 11.900 per liter. Jadi, harga bensin sekelas Pertamax di SPBU pesaing Pertamina ada di kisaran Rp 11.900-Rp 12.990 per liter.

Peneliti Sektor Energi dari Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), Massita Ayu Cindy, menyarankan agar Pertamina menaikkan harga Pertamax ke kisaran Rp 12.000 per liter.

“Mungkin Rp 12.000 per liter, tapi kalau mau ambil pangsa pasar kompetitor, ya di bawah itu. Tapi itu bergantung pada Pertamina dan pemegang saham (pemerintah),” ujar Massita dalam keterangan tertulis, Selasa (22/3).

Harga Pertamax Segera Naik, Segini Kisarannya (3)
Infografik Dasar Kenaikan Harga BBM Pertamax. Foto: kumparan

Source : www.kumparan.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *