Tanggapi Hasil Survei, Gerindra Akan Jadikan Jatim Basis Prabowo di Pilpres 2024

0
41
Menhan Prabowo Subianto bahas laporan keuangan Kemenhan Tahun 2021 dengan BPK RI. Foto: Dok. Biro Humas Setjen Kemhan
Advertisement

Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani, menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebut Ketum Gerindra Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas Capres 2024 sebesar 20,2% di Jawa Timur. Prabowo dikalahkan Ganjar yang mendapatkan elektabilitas 22,5%.

Muzani pun melihat bahwa Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang strategis untuk Pilpres 2024, salah satu alasan yakni Jatim memiliki jumlah penduduk yang banyak.

“Jawa Timur adalah wilayah yang strategis dalam peta elektoral pilpres,” jelas Muzani dalam keterangan resmi, Senin (4/4).

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI tersebut berujar akan fokus menggerakkan mesin partai untuk meningkatkan elektabilitas Prabowo di Jatim, bahkan menjadikan daerah tersebut sebagai basis pemenangan.

Tanggapi Hasil Survei, Gerindra Akan Jadikan Jatim Basis Prabowo di Pilpres 2024 (1)
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. Foto: Gerindra

Sebelumnya, Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menyebut beberapa nama lain Capres 2024 pilihan masyarakat Jatim yang berada di bawah Ganjar. Di antaranya Menhan Prabowo Subianto dengan elektabilitas 20,2 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 10,6 persen.

Kemudian Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan 7,5 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5,7 persen.

“Sementara nama-nama lainnya lebih rendah, kurang dari 4 persen, dan responden yang belum menjawab 7,8 persen,” ucap Djayadi, di Surabaya, seperti dikutip pada Kamis (31/3).

 

Tanggapi Hasil Survei, Gerindra Akan Jadikan Jatim Basis Prabowo di Pilpres 2024 (2)
Kolase Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto: kumparan

Terbaru, survei nasional Indikator Politik Indonesia juga menyimpulkan hal serupa. Dari 7 nama tokoh capres, ada tiga tokoh yang menguat. Yakni Prabowo, Ganjar dan Anies. Namun, berbeda dari survei sebelumnya, nama Prabowo berada di bawah Ganjar dengan selisih 0,2%.

“Ganjar dan Prabowo itu imbang (27,6% untuk Ganjar dan 27,4% untuk Prabowo), bahkan Ganjar beda 0,2% sedikit di atas Prabowo. Anies 22%,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam paparan survei, Minggu (3/4).

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here