Wisatawan Asal Bondowoso yang Hilang di Kawah Ijen Ditemukan, Kondisi Lemah

0
23
Wisatawan asal Bondowoso yang hilang di Kawah Ijen, ditemukan. Foto: Dok. Istimewa
Advertisement

Wisatawan asal Bondowoso, Gafila Dabi Ardriani (19) yang hilang di Kawah Ijen akhirnya ditemukan. Korban ditemukan dalam kondisi selamat di tebing sisi luar Kawah Ijen sekitar 90 meter dari puncak Gunung Ijen.

“Alhamdulillah korban sudah diketemukan dalam kondisi selamat pada koordinat 8°03’59″S 114°14’44″E,” kata Koordinator Pos Basarnas Banyuwangi, Wahyu Setya Budi, Minggu (8/5).

Menurut Wahyu, tim SAR gabungan menemukan titik koordinat korban berdasarkan petunjuk barang-barang yang ditinggalkan korban.

“Sebelumnya kita temukan sepatu, jaket, dan ceceran uang ribuan milik korban. Dari situ kita fokuskan pencarian di koordinat tersebut hingga akhirnya korban ditemukan selamat sekitar pukul 10.35 WIB,” kata Wahyu.

Saat ditemukan, korban hanya mengenakan celana panjang. Sementara tubuh bagian atasnya hanya berselimut sarung tanpa ada pakaian yang dikenakan.

Kondisi tubuh korban cukup lemah dan wajahnya terlihat pucat. Kemungkinan besar korban mengalami hipotermia karena hawa dingin Gunung Ijen.

“Saat ditemukan korban dalam kondisi sadar. Hanya tubuhnya lemah karena ia sudah 24 jam lebih hilang,” kata Wahyu.

Proses evakuasi korban membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini dikarenakan posisi korban berada di tebing yang cukup curam.

Wisatawan Asal Bondowoso yang Hilang di Kawah Ijen Ditemukan, Kondisi Lemah (1)
Tim SAR mencai korban hilang di Kawah Ijen, Minggu (8/5/2022). Foto: Dok. Istimewa

Selain itu, Tim SAR harus mengangkut korban melewati medan terjal menuju menuju jalur pendakian karena kondisi tubuhnya lemah.

“Korban baru bisa dievakuasi dari lokasi menuju Posko SAR sekitar pukul 13.30. Tiba di Posko SAR pukul 15.30 WIB,” ungkap Wahyu.

Setelah dievakuasi, korban langsung diserahkan kepada keluarga untuk selanjutnya dibawa ke Puskesmas Sempol untuk mendapatkan perawatan.

“Sudah kita serahkan kepada pihak keluarga. Dan saat ini korban sudah mendapat perawatan di Puskesmas Sempol,” tutup Wahyu.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here