Populer: 442 PPPK Mengundurkan Diri; Tjahjo Sindir CPNS Mundur karena Gaji

0
25
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2021 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/9). Foto: Fransisco Carolio/ANTARA FOTO
Advertisement

Setelah CPNS, giliran PPPK yang mengundurkan diri. BKN mencatat setidaknya ada 442 orang pegawai yang memutuskan mundur.

Kabar tersebut jadi salah satu berita populer kumparanBisnis pada Senin (30/5). Respons Menteri PANRB Tjahjo soal adanya CPNS yang mundur, jadi berita lainnya yang ramai dibaca. Berikut rangkumannya:

442 PPPK Mengundurkan Diri

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bukan hanya CPNS saja yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos seleksi. Berdasarkan data BKN, ada 442 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau Pegawai Honorer yang mundur.

Data tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja sama BKN, Satya Pratama. 442 pegawai yang mengundurkan diri itu berasal dari PPPK tahap pertama, PPPK tahap kedua, dan PPPK nonguru.

Kata Tjahjo soal CPNS Mundur karena Gaji Kecil

Populer: 442 PPPK Mengundurkan Diri; Tjahjo Sindir CPNS Mundur karena Gaji (1)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo berkomentar terkait adanya CPNS yang mundur. Menurutnya, pemerintah telah mengeluarkan banyak dana untuk proses perekrutan Calon PNS Tahun 2021, namun formasi yang harusnya terisi menjadi kosong.

Terkait dugaan alasan ratusan CPNS tersebut mengundurkan diri karena gaji PNS kecil, Tjahjo mengatakan seharusnya calon pelamar memahami hak dan kewajiban menjadi abdi negara sebelum melamar formasi CPNS.

“Harusnya, CPNS sudah tahu berapa gaji dan penerimaan per bulan. Kalau mau (gaji) lebih, ya bisnis saja,” kata Tjahjo seperti dikutip dari Antara, Senin (30/5).

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here