Fakta-fakta BUMN Tak Jadi Sponsor Formula E

0
22
Situasi balapan Formula E di Roma (Ilustrasi). Foto: AFP/Andreas Solaro
Advertisement

Perhelatan Formula E Jakarta e-Prix 2022 yang akan diselenggarakan hari ini, Sabtu (4/6). Namun, terjadi perdebatan lantaran tak adanya kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi sponsor balapan Formula E.

Berikut fakta-fakta yang sudah kumparan rangkum terkait alasan BUMN tidak jadi sponsor Formula E:

BUMN Butuh 3 Bulan Kaji Proposal Sponsor

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengungkapkan, Kementerian BUMN pada prinsipnya mendukung semua inisiatif untuk memajukan pembangunan bangsa dan termasuk berbagai program industri pariwisata nasional, seperti even di MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok. Sementara, proposal sponsorship formula E baru dikirim satu bulan sebelum acara dilaksanakan.

Fakta-fakta BUMN Tak Jadi Sponsor Formula E (1)
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. Foto: Resya Firmansyah/kumparan

Padahal, BUMN membutuhkan waktu untuk mengkaji proposal sponsorship untuk acara besar dan berskala internasional, termasuk juga pengkajian secara kelayakan bisnis dan model kerja sama agar memenuhi prinsip Good Corporate Governance (GCG).

“Proses pengkajian ini bervariasi di antara BUMN sesuai dengan peraturan di tiap perusahaan. Pada umumnya BUMN menerima proposal event besar berskala nasional dan internasional paling cepat tiga bulan sebelumnya atau bahkan setahun sebelumnya,” ungkap Arya, Jumat (3/6).

Ada Perusahaan yang Sahamnya dimiliki BUMN

PT Indosat Tbk atau dikenal sebagai Indosat Ooredoo Hutchison yang sebagian sahamnya turut dimiliki BUMN, telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut.

“Kementerian BUMN menyesalkan adanya pernyataan-pernyataan negatif seakan BUMN tidak mendukung kegiatan Formula E tersebut. Pernyataan itu tidak benar, karena tak ada kebijakan menghambat sponsorship bagi event yang dimaksud,” kata Arya.

Kerja Sama Antara Pertamina dengan Formula E dalam Bentuk B2B

Fakta-fakta BUMN Tak Jadi Sponsor Formula E (2)
Perkuat transisi energi, Pertamina Renewable Diesel hadir untuk EV Jakarta E-Prix 2022. Foto: Dok. Pertamina

Vice President Corporate Communications Pertamina, Heppy Wulansari, menjelaskan kerja sama ini merupakan business to business (B2B) antara PT Kilang Pertamina International (KPI) dengan JakPro, bukan sponsorship. Seluruh proses kerja sama B to B tersebut dijalankan dalam koridor GCG yang berlaku.

“Sebetulnya tidak ada diskon produk, harga sesuai harga publish karena ini kerja sama B to B,” imbuh Heppy.

Pertamina Sediakan Pasokan Green Energy

Direktur Utama PT KPI, Taufik Aditiyawarman menjelaskan, sinergi antara anak usaha Pertamina dalam supply Pertamina RD diwujudkan dalam bentuk ketersediaan pasokan green energy untuk keperluan produksi listrik genset guna charging EV selama ajang balapan mobil Formula E berlangsung.

“Semoga ini menjadi percontohan yang baik guna pengembangan market Green Diesel ke depan, guna mendukung program pemerintah dalam menciptakan energi bersih dan ramah lingkungan” terang Taufik.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here