Luhut Pastikan 2 sampai 3 Minggu Lagi Masalah Harga Minyak Goreng Akan Membaik

0
19
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Dok. Kemenko Marves
Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, memastikan beragam persoalan minyak goreng termasuk harga dan pasokan di masyarakat akan mulai membaik dalam waktu 2 sampai 3 minggu ke depan.

Luhut mengungkapkan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) terkait minyak goreng juga akan dilakukan dengan baik.

“Pemerintah juga memastikan bahwa penerapan kebijakan DMO ini akan diterapkan secara konsisten sehingga kondisi dirasa benar-benar stabil jadi kita melihat dalam 2 sampai 3 minggu ke depan ini situasi ini secara bertahap akan membaik,” kata Luhut saat konferensi pers secara virtual, Minggu (5/6).

Harga minyak goreng curah memang belum sepenuhnya stabil ke Harga Eceran Tertinggi atau HET sebesar Rp 14.000 per liter. Rencananya, pemerintah juga akan menyalurkan minyak goreng curah dengan harga sesuai HET ke berbagai wilayah di Indonesia seperti melalui program minyak goreng curah rakyat.

Luhut mengakui dalam mengendalikan harga minyak goreng tersebut tidak mudah. Apalagi, situasi perekonomian dunia sedang tidak baik-baik saja.

Meski begitu, Luhut memastikan harga minyak goreng curah tidak akan naik lagi. Sehingga, ia meminta masyarakat tidak perlu panik atau khawatir. Apalagi, kata Luhut, kunci dalam mengendalikan harga minyak goreng sudah ditemukan.

“Berdasarkan analisis secara mendalam kami sepakat bahwa realisasi dan distribusi di lapangan merupakan kunci pengendalian harga yang baik,” tutur Luhut.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here