BerandaUmumViral Stupa Candi Borobudur Diduga Diedit Mirip Presiden Jokowi, Polri Selidiki

Viral Stupa Candi Borobudur Diduga Diedit Mirip Presiden Jokowi, Polri Selidiki

Viral di media sosial meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Jokowi. Adanya meme tersebut diperlihatkan oleh mantan Menpora Roy Suryo di Twitternya @KRMTRoySuryo2.

Dalam keterangan foto itu, diberi narasi yang menyinggung soal rencana pemerintah terkait kenaikan tarif masuk Candi Bodobudur. Roy Suryo menyebut meme tersebut dibuat oleh netizen.

“Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Viral Stupa Candi Borobudur Diduga Diedit Mirip Presiden Jokowi, Polri Selidiki (1)
Roy Suryo laporkan Sunda Empire ke Polda Metro Jaya. Foto: Andreas Ricky Febrian/kumparan

Namun, Roy Suryo sudah menghapus unggahan meme itu. Dalam unggahan lainnya, Roy menyebutkan, meme tersebut bukan dibuat oleh dirinya langsung melainkan oleh akun lain di Twitter.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close,” jelas Roy Suryo.

Roy Suryo turut mencantumkan akun yang pertama kali mengunggah meme tersebut.

Terkait hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan bakal mengusut dan menelusuri pelaku pembuat meme tersebut.

“Sedang didalami dan profiling oleh siber,” ujar Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (14/6).

Viral Stupa Candi Borobudur Diduga Diedit Mirip Presiden Jokowi, Polri Selidiki (2)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo Foto: Dok. Polri

Dedi turut mengingatkan kepada masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, sanksi pidana dapat menjeratnya.

“Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ITE,” pungkas Dedi.

Source : www.kumparan.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments