Kapolri Lakukan Mutasi: Cabut 3 Kapolda; Kombes Gatot Naik Brigjen

0
7
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberi arahan di Rapim Polri. Foto: Polri
Advertisement

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi di sejumlah Polda yang ada di Indonesia. Kali ini ada 3 Kapolda yang akan dimutasi dan menduduki jabatan barunya, yakni Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung, dan Kapolda Gorontalo.

Mutasi ini tertuang di dalam ST Kapolri Nomor 1214/VI/KEP/2022 yang ditandatangani pada 20 Juni 2022.

“TR mutasi untuk jabatan kapolda, jabatan pati, jabatan pjo di tingkat polda, kemudian polres, dan penguatan jabatan lainnya. TR mutasi ini merupakan hal yang alamiah di kepolisian, dalam rangka penyegaran organisasi, regenerasi, dan sebagainya,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (21/6).

Berikut 3 Kapolda yang dimutasi beserta pengganti dan jabatan barunya;

  1. Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, akan menduduki jabatan baru sebagai Wairwasum Polri. Posisinya akan digantikan oleh Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga yang sebelumnya bertugas sebagai Sespim Lemdiklat Polri
  2. Kapolda Gorontalo, Irjen Akhmad Wiyagus akan menduduki pos baru sebagai Kapolda Lampung. Posisinya akan digantikan oleh Irjen Pol Helmy Santika, yang sebelumnya bertugas sebagai Staf Ahli Manajemen Kapolri.
  3. Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno, akan menduduki jabatan baru dengan jabatan di luar struktur di Kementerian Perhubungan.

Mutasi Pejabat Polri: Sambodo Naik Bintang 1, Kombes Usman Latif Dirlantas PMJ

Kapolri Lakukan Mutasi: Cabut 3 Kapolda; Kombes Gatot Naik Brigjen (1)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Foto: Jonathan Devin/kumparan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan strategis di tingkat perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati). Salah satunya jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya.

“Hari ini Pak Kapolri keluarkan TR mutasi jabatan Kapolda, Pati, PJU tingkat Polda, Kapolres, dan jabatan penguatan lainnya,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (21/6/2022).

“TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi. Dilakukan peningkatan performance kinerja kepolisian,” tambahnya.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

Dalam surat tersebut, jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya kini dijabat Kombes Pol Latif Usman menggantikan Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Kombes Sambodo diangkat dalam jabatan baru menjadi Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri). Dengan jabatan baru itu, pangkat Sambodo dinaikan satu tingkat menjadi Brigjen.

Mutasi di DivHumas Polri: Kombes Gatot Naik Brigjen, Kabagpenum Dijabat

Kapolri Lakukan Mutasi: Cabut 3 Kapolda; Kombes Gatot Naik Brigjen (2)
Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko, SIK menyampaikan informasi saat konferensi pers harian di Divhumas Polri, Rabu (9/3/2022). Foto: Dok. Istimewa

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan perombakan struktur organisasinya dengan melakukan mutasi di jajaran Polri.

Selain melakukan pergantian jabatan di Polda Papua Barat, Polda Gorontalo, dan Polda Lampung, Kapolri juga melakukan mutasi Kabagpenum, yang nantinya akan dijabat oleh seorang Polwan.

Sementara Kabagpenum saat ini yakni Kombes Pol Gatot Repli Handoko, akan dipromosikan menjadi pati bintang satu atau Brigjen.

“Termasuk Kabagpenum juga pindah, mendapat promosi bintang satu. Nanti akan menduduki jabatan Kabagpenum, Pak Kapolri mempercayakan seorang polwan,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (21/6).

Keputusan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

Di sana tercatat, Kombes Gatot akan menempati tugas baru sebagai Karo Multimedia DivHumas Polri. Gatot menggantikan Brigjen Muharrom Riyadi yang pensiun.

Lalu, posisi Kabagpenum akan diisi oleh seorang polwan yakni Kombes Nurul Azizah. Saat ini Nurul menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

Profil Irjen Daniel Tahi Monang, Kapolda Papua Barat yang Baru

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri. Di antaranya jabatan Kapolda Papua Barat yang akan diisi oleh Irjen Pol Daniel Tahi Monang.

Lantas siapa sosok Irjen Daniel?

Sebelum ditugaskan menjadi Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Daniel merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1990. Sebelum mengemban jabatan di Sespim Lemdiklat Polri, pria kelahiran Oktober 1968 itu pernah 2 kali mengemban jabatan di jajaran Polda Jatim sebagai Kapolresta Malang dan Wadirreskrimum Polda Jatim.

Selain itu, Daniel juga pernah menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Riau, Analis Kebijakan Madya Pidum Bareskrim Polri, Dirreskrimum Polda Sumsel, hingga Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Kini Daniel mengemban jabatan baru sebagai Kapolda Papua Barat. Jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

Profil Irjen Helmy Santika: Pengungkap Kasus Ryan Jombang Kini Kapolda Gorontalo

Kapolri Lakukan Mutasi: Cabut 3 Kapolda; Kombes Gatot Naik Brigjen (4)
Direktur Tipideksus Polri Brigjen Pol Helmy Santika. Foto: Laily Rahmawaty/ANTARA

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi jajaran internal polri pada Senin (20/6). Sigit menunjuk Irjen Helmy Santika menjadi Kapolda Gorontalo menggantikan Irjen Akhmad Wiyagus.

Rotasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1214/VI/KEP./2022 dan ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

“TR mutasi untuk jabatan kapolda, jabatan pati, jabatan di tingkat polda, kemudian polres, dan penguatan jabatan lainnya. TR mutasi ini merupakan hal yang alamiah di kepolisian, dalam rangka penyegaran organisasi, regenerasi, dan sebagainya,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Siapa sosok Irjen Helmy Santika?

Irjen Helmy Santika merupakan pria kelahiran Jakarta, 20 Desember 1971. Dia memulai karirnya sebagai alumni Akademi Kepolisian pada 1993.

Awal kariernya, Helmy pernah menjabat sebagai Wakapolsek Setiabudi (1999), Kapuskodalops Polres Gianyar (2001), Kapolsek Kota Denpasar (2003), Kanit II/Psikotropika Polda Metro Jaya (2005), Kapolsek Metro Kebayoran Lama (2006), dan Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan (2007).

Selain itu, Helmy pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan pada 2008. Ketika itu, dia mengungkap kasus pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan masyarakat Indonesia yakni kasus Ryan Jombang.

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here