Klarifikasi Menpora soal Ikut Angkat Trofi saat Timnas U-16 Juara Piala AFF

0
17
Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Foto: Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO
Advertisement

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, dikritik publik usai ikut mengangkat trofi di podium bersama skuad Timnas U-16 Indonesia yang menjuarai Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8). Dan kini, ia memberi klarifikasi.

Timnas U-16 mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Tim besutan Bima Sakti berhak atas trofi juara Piala AFF U-16.

Lalu, saat selebrasi di podium, Menpora ikut mengangkat trofi bersama Ketum PSSI, Mochamad Iriawan; dan kapten Timnas U-16, Iqbal Gwijangge. Hal ini dikritik netizen karena Menpora dan Iriawan dianggap tak semestinya ikutan. Menpora Amali pun memberi klarifikasi.

“Saya awalnya diminta oleh Master of Ceremony naik ke panggung bersama Presiden AFF [Khiev Sameth], Sekjen AFF [Winston Lee], Ketum PSSI, dan Sekjen PSSI [Yunus Nusi]. Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik,” kata Menpora dalam keterangan resmi, Sabtu (13/8).

Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (12/8/2022).  Foto: Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO
Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan kemenangan seusai mengalahkan Timnas Vietnam U-16 saat laga final AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Jumat (12/8/2022). Foto: Andreas Fitri Atmoko/ANTARA FOTO

Jadi, Menpora Amali mengaku bahwa dirinya diminta mengangkat trofi itu bersama Ketum PSSI oleh Presiden AFF. Ia tampak menepis anggapan telah memaksakan hal tersebut.

“Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik [Iqbal] dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara 1 [Timnas U-16 Indonesia]. Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan Piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada Kapten Tim [Iqbal],” ujar Menpora.

“Saat itulah, Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat kertas bersama-sama,” tambahnya.

Lebih lanjut, usai penyerahan trofi itu, Menpora mengaku justru diajak kembali oleh Iqbal dan kolega untuk berfoto bersama dengan momen mengangkat trofi. Jadi, dalam keterangan resminya ini, Menpora juga mengeklaim diminta oleh skuad Timnas U-16 untuk hal tersebut.

Pemain Timnas U-16 Indonesia, Iqbal Gwijangge (kanan), membawa trofi Piala AFF U-16 2022. Foto: Soni Insan Bagus L/kumparan
Pemain Timnas U-16 Indonesia, Iqbal Gwijangge (kanan), membawa trofi Piala AFF U-16 2022. Foto: Soni Insan Bagus L/kumparan

“Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dkk serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka,” tutur Menpora.

“Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya. Tapi Iqbal dkk yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka. Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya,” pungkasnya.

 

Source : www.kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here