BerandaDaerahMengenang 88 Tahun Husni DjamaluddinAkmal Malik, Harap Sulbar Kedepan Lahirkan Generasi Yang...

Mengenang 88 Tahun Husni Djamaluddin
Akmal Malik, Harap Sulbar Kedepan Lahirkan Generasi Yang Siap Menjadi Pahlawan

POLEWALI — Rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik membuka Sarasehan dan Peringatan 88 tahun salah satu tokoh pejuang Sulbar, Husni Djamaluddin, di Taman Budaya dan Museum Buttu Cipping Desa Kandemeng Kecamatan Tinambung, Kamis 10 November 2022.

Sarasehan tersebut dihadiri sejumlah tokoh seperti Bupati Majene, Andi Syukri Tammalele, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Usman Suhuriah dan anggota DPRD Sulbar, Syharir Hamdani, Gubernur Sulbar periode 2017-2022, Ali Baal Masdar Yuyun Yundini Husni Djamaluddin yang juga merupakan putri almarhum Husni Djamaluddin, Prof Basri Hasanuddin, Rahmat Hasanuddin, serta tokoh pejuang dan budayawan Sulbar.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan, peringatan hari pahlawan menjadi momentum untuk mengingat kembali jasa para pahlawan. Selain itu momentum itu juga sebagai bagian dari mengenang 88 tahun tokoh pejuang Sulbar Husni Djamaluddin.

“Saya ingin memberikan dukungan berkolaborasi, mari jadikan momentum ini sebagai upaya kedepan untuk melahirkan generasi yang siap menjadi pahlawan, pahlawan untuk dirinya dan untuk lingkungan sekitar,”kata Akmal Malik.

Dirinya menyampaikan kepada Kepala Dinas dan Kepala UPT Taman Budaya Museum Buttu Cipping agar menggairahkan kegiatan di Museum ini.

“Saran kami, giatkan wisata mengunjungi museum, dengan melibatkan anak sekolah dikerahkan untuk belajar tentang sejarah agar mereka tidak lupa dengan akar budaya,”ucapnya.

Ia mengaku iri dengan berbagai potensi budaya yang dimiliki Sulbar. Sebab banyak potensi yang dapat digali dari Sulbar utamanya dari sisi ke Mandaran nya. Itu pun akan menjadi identitas lokal bagi Sulbar.

“Kami tentu mendukung untuk mengerahkan siswa, membuat kegiatan di museum,”kata Akmal Malik

Ia berjanji, untuk kawasan Taman Budaya dan Museum Buttu Cipping akan terus memberikan dukungan utamanya dalam hal pembangunan taman serta pembenahan yang akan dilakukan secara bertahap.

“Kita akan berjuang, kita tambah museum dibawah , minimal museum sejarah pembentukan provinsi Sulbar sehingga anak-anak muda kita tahu,”kata Akmal Malik.

Salah satu tokoh pencetus Sulbar Prof Basri Hasanuddin mengatakan , sosok Husni Djamaluddin dimasa mudanya merupakan motivator bagi anak muda sekaligus menjadi penyejuk pada masanya.

“Husni Djamaluddin juga adalah sosok penyejuk bagi anak muda pada saat itu,” kata Prof Basri.(Adhi)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments