BerandaNasionalJokowi Terbitkan Perppu Cipta Kerja

Jokowi Terbitkan Perppu Cipta Kerja

Presiden Jokowi resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Perppu ini merupakan langkah pemerintah usai UU Cipta Kerja dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi.

Penerbitan aturan tersebut diungkapkan oleh Menko Airlangga Hartarto usai rapat dengan Jokowi, Jumat (30/12). Dia dipanggil presiden bersama dengan Menko Polhukam Mahfud MD dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Eddy Omar Sharif.

“Pagi hari ini tadi kami sudah berkonsultasi, dipanggil bapak presiden dan diminta untuk mengumumkan terkait penetapan pemerintah Perppu tentang Cipta Kerja,” kata Airlangga dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden.

Airlangga bilang, Jokowi telah berbicara dengan Ketua DPR Puan Maharani soal Perppu Cipta Kerja, mengacu pada Putusan MK Nomor 38/PUU7/2009.

Airlangga menyebut pertimbangan Jokowi menerbitkan Perppu Cipta Kerja karena kebutuhan mendesak. Pemerintah perlu mempercepat antisipasi terhadap kondisi global baik yang terkait ekonomi.

“Kita menghadapi resesi global peningkatan inflasi kemudian ancaman stagflasi,” lanjutnya.

Kondisi beberapa negara berkembang dalam kondisi memprihatikan karena jadi pasien IMF. Lebih dari 30 dan sudah antre dan dalam kondisi krisis. Bagi negara berkembangan, kondisi ini sangat mengkhawatirkan.

“Terkait putusan MK soal UU Ciptaker ini sangat mempengaruhi perilaku dunia usaha baik di dalam maupun di luar negeri, di mana mereka hampir seluruhnya masih menunggu kebelanjutan dari UU Cipta Kerja dan Indonesia tahun depan,” ujarnya.

Source : https://kumparan.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments